Info Akademik

ALOKASI WAKTU INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR (IBM)

  1. Interaksi Belajar Mengajar (IBM) dilaksanakan selama 5 hari belajar dalam 1 minggu ( Senin s.d Jumat)
  2. Kegiatan Pembelajaran berlangsung selama :
    • Senin – Kamis = 9 jam diawali dengan kegiatan literasi 20 menit dari pukul 07.00 s.d 07.20. Kegiatan pembelajaran selesai pukul 14.00 WIB.
    • Jumat = 8 jam pelajaran diawali dengan perwalian 20 menit dari pukul 07.00 s.d 07.20 selesai pukul 13.20 WIB .
    • Kegiatan Upacara Bendera dilaksanakan setiap minggu 1, 3, dan 5. Sedangkan Apel Pagi dilaksanakan setiap minggu 2 dan 4.
  3. Satuan Waktu jam per Hari
    • Satu jam pelajaran adalah 40 menit
    • Peserta didik diberi waktu istirahat dua kali, masing – masing selama 20 menit.
  4. Kegiatan Apel / Upacara
    1. Kegiatan Apel Pagi dilaksanakan setiap Senin pada minggu ganjil, dengan durasi 30 menit. Kegiatan Apel pagi ini dilaksanakan untuk merefleksi dan memotivasi peserta didik untuk memulai kegiatan pembelajaran dalam 1 minggu kedepan.
    2. Kegiatan Upacara dilaksanakan setiap Senin pada minggu genap dengan durasi 30 menit. Kegiatan upacara sifatnya adalah untuk menumbuhkembangkan sikap disiplin, penghayatan akan cinta tanah air, nasionalisme dan kepedulian antar sesama.
  5.  Kegiatan Pewalian
    • Kegiatan perwalian dilaksanakan setiap hari jumat dengan waktu 20 menit di pagi hari. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan akademik/non akademik selama 1 minggu dan memempersiapkan kegiatan sekolah yang sudah direncanakan untuk 1 minggu ke depan. Kegiatan pewalian ini dilaksanakan dengan Wali Kelas di kelas masing – masing.
  6.  Kegiatan Project Based Learning atau disingkat PBL merupakan kolaborasi antara mata pelajaran IPA, Matematika, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris,  TIK (STEM) dan teritegrasi irisan dengan Pramuka.

KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM/KKM)

No Mata Pelajaran Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9
Ganjil Genap Ganjil Genap Ganjil Genap
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 75 75 75 75 75 75
2 Pendidikan Kewarganegaran 75 75 75 75 75 75
3 Bahasa Indonesia 75 75 75 75 75 75
4 Matematika 70 70 71 71 72 72
5 Ilmu Pengetahuan Alam 70 70 71 71 72 72
6 Ilmu Pengetahuan Sosial 71 72 73 74 75 75
7 Bahasa Inggris 71 72 73 74 75 76
8 Seni Budaya 75 75 75 75 75 75
9 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 75 75 75 75 75 75
10 Prakarya 75 75 75 75 75 75
11 Bahasa Sunda 70 71 72 73 74 75
12 Bahasa Mandarin 70 70 70 70 70 70

Catatan :

  1. KBM/KKM ditentukan oleh satuan pendidikan pada awal tahun pelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik kompetensi dasar, daya dukung dan karakteristik peserta didik.
  2. Peserta didik yang belum mencapai/melampaui KBM diberikan program remedial masksimal 2x.
  3. Peserta didik yang sudah mencapai/melampaui KBM diberi program pengayaan.

 

 

 

PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  1. Untuk mencapai nilai akhir mata pelajaran dihitung dari aspek – aspek nilai :
    1. Hasil Penilaian Pengetahuan (Tertulis, Lisan, Penugasan)
    2. Hasil penilaian keterampilan (Praktek, Produk, Proyek, Portofolio)
    3. Hasil Penilaian Akhir Semester (HPAS)

Dengan pembobotan sebagai berikut :

  • Penilaian Pengetahuan :

NR / HPA = 60% (Rata2 PH)  +  20% PTS + 20% PAS

Atau dengan pembobotan

NR/HPA                  : 3

PTS                           : 1

PAS/PAT                  : 1

  • Penilaian Keterampilan

NR / HPA = Rata2 Penilaian Harian Kinerja, Proyek dan Portofolio

  • KBM/KKM Sekolah menggunakan jenis KKM/KBM Tuggal yang diambil dari KBM Mata Pelajaran yang paling rendah yaitu 70, maka predikat setiap nilai pada rapot peserta didik berlaku ;

Sangat Baik                 (A)       : 90 – 100

Baik                             (B)       : 80 – 89

Cukup                          (C)       : 70 – 79

Kurang                         (D)       :  70

Ket  Istilah :

NR = Nilai Rata-rata

HPA = Hasil Penilaian Akhir

PH = Penilaian Harian

PTS = Penilaian Tengah Semester

PAS = Penilaian Akhir Semester

PAT = Penilaian Akhir Tahun