ALOKASI WAKTU INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR (IBM)
- Interaksi Belajar Mengajar (IBM) dilaksanakan selama 5 hari belajar dalam 1 minggu ( Senin s.d Jumat)
- Kegiatan Pembelajaran berlangsung selama :
- Senin – Kamis = 9 jam diawali dengan kegiatan literasi 20 menit dari pukul 07.00 s.d 07.20. Kegiatan pembelajaran selesai pukul 14.00 WIB.
- Jumat = 8 jam pelajaran diawali dengan perwalian 20 menit dari pukul 07.00 s.d 07.20 selesai pukul 13.20 WIB .
- Kegiatan Upacara Bendera dilaksanakan setiap minggu 1, 3, dan 5. Sedangkan Apel Pagi dilaksanakan setiap minggu 2 dan 4.
- Satuan Waktu jam per Hari
- Satu jam pelajaran adalah 40 menit
- Peserta didik diberi waktu istirahat dua kali, masing – masing selama 20 menit.
- Kegiatan Apel / Upacara
- Kegiatan Apel Pagi dilaksanakan setiap Senin pada minggu ganjil, dengan durasi 30 menit. Kegiatan Apel pagi ini dilaksanakan untuk merefleksi dan memotivasi peserta didik untuk memulai kegiatan pembelajaran dalam 1 minggu kedepan.
- Kegiatan Upacara dilaksanakan setiap Senin pada minggu genap dengan durasi 30 menit. Kegiatan upacara sifatnya adalah untuk menumbuhkembangkan sikap disiplin, penghayatan akan cinta tanah air, nasionalisme dan kepedulian antar sesama.
- Kegiatan Pewalian
- Kegiatan perwalian dilaksanakan setiap hari jumat dengan waktu 20 menit di pagi hari. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan akademik/non akademik selama 1 minggu dan memempersiapkan kegiatan sekolah yang sudah direncanakan untuk 1 minggu ke depan. Kegiatan pewalian ini dilaksanakan dengan Wali Kelas di kelas masing – masing.
- Kegiatan Project Based Learning atau disingkat PBL merupakan kolaborasi antara mata pelajaran IPA, Matematika, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TIK (STEM) dan teritegrasi irisan dengan Pramuka.
KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM/KKM)
No | Mata Pelajaran | Kelas 7 | Kelas 8 | Kelas 9 | |||
Ganjil | Genap | Ganjil | Genap | Ganjil | Genap | ||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 |
2 | Pendidikan Kewarganegaran | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 |
3 | Bahasa Indonesia | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 |
4 | Matematika | 70 | 70 | 71 | 71 | 72 | 72 |
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | 70 | 70 | 71 | 71 | 72 | 72 |
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 75 |
7 | Bahasa Inggris | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 |
8 | Seni Budaya | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 |
9 | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 |
10 | Prakarya | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 | 75 |
11 | Bahasa Sunda | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 |
12 | Bahasa Mandarin | 70 | 70 | 70 | 70 | 70 | 70 |
Catatan :
- KBM/KKM ditentukan oleh satuan pendidikan pada awal tahun pelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik kompetensi dasar, daya dukung dan karakteristik peserta didik.
- Peserta didik yang belum mencapai/melampaui KBM diberikan program remedial masksimal 2x.
- Peserta didik yang sudah mencapai/melampaui KBM diberi program pengayaan.
[/vc_column_text][vc_column_text css_animation=”bounceIn”]PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
- Untuk mencapai nilai akhir mata pelajaran dihitung dari aspek – aspek nilai :
- Hasil Penilaian Pengetahuan (Tertulis, Lisan, Penugasan)
- Hasil penilaian keterampilan (Praktek, Produk, Proyek, Portofolio)
- Hasil Penilaian Akhir Semester (HPAS)
Dengan pembobotan sebagai berikut :
- Penilaian Pengetahuan :
NR / HPA = 60% (Rata2 PH) + 20% PTS + 20% PAS
Atau dengan pembobotan
NR/HPA : 3
PTS : 1
PAS/PAT : 1
- Penilaian Keterampilan
NR / HPA = Rata2 Penilaian Harian Kinerja, Proyek dan Portofolio
- KBM/KKM Sekolah menggunakan jenis KKM/KBM Tuggal yang diambil dari KBM Mata Pelajaran yang paling rendah yaitu 70, maka predikat setiap nilai pada rapot peserta didik berlaku ;
Sangat Baik (A) : 90 – 100
Baik (B) : 80 – 89
Cukup (C) : 70 – 79
Kurang (D) : 70
Ket Istilah :
NR = Nilai Rata-rata
HPA = Hasil Penilaian Akhir
PH = Penilaian Harian
PTS = Penilaian Tengah Semester
PAS = Penilaian Akhir Semester
PAT = Penilaian Akhir Tahun